dokter gigi antapani - Klinik Gigi Spesialis Bleaching, Gigi Palsu, Tambal Gigi
dokter gigi antapani - Gigi Palsu Baru Terasa Aneh?

Gigi Palsu Baru Terasa Aneh?

Post Category

Belajar menggunakan gigi tiruan baru membutuhkan waktu dan kesabaran, terutama bagi pemakai pemula. Pada pasien yang pernah dan biasa memakai protesa sekalipun, sebuah gigi tiruan baru terasa asing. Ia harus menyadari bahwa gigi tiruan barunya berlainan dan karenanya harus mengubah beberapa kebiasaan lama dan membiasakan dirinya dengan protes baru ini.

Beberapa hari sampai beberapa minggu merupakan periode penyesuaian, baik bagi si pemakai maupun geligi tiruannya. Berikut hal hal yang perlu diketahui oleh pasien;

1. Membiasakan diri dengan gigi tiruan baru

Pada minggu awal penggunaan gigi tiruan baru, pasien akan merasakan sensasi tebal, penuh, dan aneh di dalam mulut. Namun, hal tersebut harus dibiasakan sehingga pasien dapat merasakan kenyamanan dalam penggunaan gigi tiruan.

2.Waktu penggunaan gigi tiruan

Gigi tiruan sebaiknya digunakan sepanjang hari dan hanya dilepas ketika akan dibersihkan setelah makan. Selain itu, gigi tiruan juga dilepas sebelum tidur dan harus selalu disimpan di sebuah tempat yang berisi air untuk menjaga agar gigi tiruan tidak mudah rusak. Melepaskan gigi tiruan dapat memberikan kesempatan kepada gusi untuk beristirahat dan menjaga kebersihan rongga mulut. Sebaiknya hubungi dokter gigi apabila pasien mengalami kesulitan dalam melepaskan gigi tiruannya.

3. Ketidaknyamanan

Pada awal penggunaan gigi tiruan, sekitar 24-48 jam, pasien biasanya akan merasakan sensasi sakit pada suatu titik ketika penggunaan pertama gigi tiruan. Pasien sebaiknya melakukan kunjungan kembali untuk memeriksakan titik sakit pada gigi tiruannya untuk dilakukan evaluasi oleh dokter gigi.

4. Makan dengan menggunakan gigi tiruan

Ketika pasien mendapatkan gigi tiruan baru, sebaiknya memulai makan makanan yang lunak kemudian sedikit demi sedikit dapat berlanjut dengan makanan yang cukup padat. Pada awal penggunaan gigi tiruan, pasien dapat memotong-motong makanan menjadi beberapa bagian kecil dan mengunyah dengan menggunakan kedua sisi mulut untuk mencegah terungkitnya gigi tiruan. Hal tersebut berfungsi untuk proses adaptasi gigi tiruan terhadap rongga mulut dan kenyamanan pasien.

5. Berbicara menggunakan gigi tiruan

Ketika awal penggunaan gigi tiruan, pasien akan mengalami sedikit kesulitan atau perubahan dalam berbicara. Selain itu, pelafalan beberapa kata juga perlu diadaptasikan, khususnya apabila terdapat gigi tiruan depan atas. Kesulitan-kesulitan dalam berbicara biasanya akan kembali normal dalam beberapa minggu setelah penggunaan gigi tiruan. Untuk mempercepat proses adaptasi ini, pasien dianjurkan untuk banyak berlatih berbicara dengan menggunakan gigi tiruan, misalnya membaca koran atau majalah.

6. Sekresi saliva yang berlebih

Dalam penggunaan pertama gigi tiruan lepasan baru, pasien akan merasakan produksi ludah yang berlebih. Hal tersebut merupakan wajar dan akan kembali normal dalam beberapa hari.

Referensi:

1.Hugh Devlin. Complete Dentures: A Clinical Manual for the General Dental Practitioner. 2002. Springe

2.Haryanto, AG. Margo A, Burhan L.K, et al. buku ajar ilmu gigi tiruan sebagian lepasan Jilid 2. Jakarta: 2015. Hipokrates.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Halo,
Gunakan Chat ini untuk konsultasi dengan kami