dokter gigi antapani - Klinik Gigi Spesialis Bleaching, Gigi Palsu, Tambal Gigi
Mengenal Gigi Tonggos / Maju, Penyebabnya & Cara Merapikannya

Mengenal Gigi Tonggos/Maju, Penyebabnya & Cara Merapikannya

Post Category

Gigi tonggos atau maju adalah kondisi di mana gigi-gigi seseorang tidak sejajar atau tidak berada dalam posisi yang ideal. Hal ini dapat mempengaruhi penampilan seseorang dan juga kesehatan mulut secara keseluruhan. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang penyebab gigi tonggos atau maju, serta beberapa cara untuk merapikannya.

Apa Itu Gigi Tonggos / Maju?

Gigi tonggos atau gigi yang maju adalah kondisi di mana deretan gigi atas atau bawah terlalu menonjol. Ini merupakan kelainan bentuk gigi yang umum terjadi dan dapat menyebabkan masalah dalam penampilan, kesulitan saat menggigit atau mengunyah, serta ketidaknyamanan. 

Bibir mungkin tidak dapat menutup dengan baik, menyebabkan bernapas melalui mulut, dan seringkali dapat timbul sariawan karena tanpa sengaja menggigit lidah atau bagian dalam pipi. Gigi tonggos dapat disebabkan oleh faktor genetik, trauma atau kecelakaan, serta kebiasaan menghisap ibu jari atau empeng pada masa kecil. 

Untuk mengatasi kondisi ini, perawatan seperti pemasangan kawat gigi atau prosedur lain seperti pembuatan crown gigi atau koreksi rahang dapat dilakukan, tergantung pada tingkat keparahan masalah tersebut.

Penyebab Gigi Tonggos / Maju

Gigi tonggos atau maju dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut adalah beberapa penyebab umum dari kondisi ini:

  • Faktor Genetik: Kecenderungan memiliki gigi tonggos atau maju dapat diwarisi dari orang tua. Jika ada riwayat keluarga dengan masalah gigi, kemungkinan anak juga akan mengalami kondisi serupa.
  • Kebiasaan Buruk pada Anak-Anak: Beberapa kebiasaan pada masa anak-anak, seperti menghisap jempol, menggigit pensil atau barang lainnya, atau menjilat bibir dapat memengaruhi pertumbuhan gigi dan menyebabkan gigi menjadi tonggos.
  • Kekurangan Ruang pada Rahang: Jika rahang lebih kecil daripada ukuran normal gigi, bisa menyebabkan gigi menjadi terlalu penuh dan berdesakan, yang dapat mengakibatkan gigi tonggos.
  • Kebiasaan Buruk pada Dewasa: Kebiasaan buruk pada dewasa seperti menggigit kuku, mengunyah pensil, atau menggunakan gigi untuk membuka sesuatu dapat merusak posisi gigi dan menyebabkan gigi menjadi tonggos.
  • Kehilangan Gigi: Jika seseorang kehilangan gigi dan tidak segera menggantinya, gigi tetangga dapat bergeser ke ruang kosong, mengubah posisi gigi dan menyebabkan gigi tonggos.
  • Faktor Lingkungan: Beberapa faktor lingkungan, seperti kebiasaan makan atau kebiasaan tidur, dapat mempengaruhi perkembangan rahang dan gigi.
  • Gigi Susu yang Tidak Rata: Masalah dengan gigi susu dapat memengaruhi pertumbuhan gigi permanen. Jika gigi susu tumbuh tidak rata atau mengalami kerusakan, ini dapat mempengaruhi posisi gigi permanen yang akan tumbuh nanti.
  • Gigi Besar atau Kecil: Rasio yang tidak seimbang antara ukuran gigi dan rahang, baik karena gigi terlalu besar atau terlalu kecil, dapat mengakibatkan masalah dalam penataan gigi.

Jika Anda atau seseorang mengalami masalah gigi tonggos atau maju, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter gigi atau ortodontis. Mereka dapat memberikan evaluasi lebih lanjut dan menyarankan perawatan yang sesuai untuk memperbaiki masalah tersebut. Perawatan ortodontik seperti pemakaian kawat gigi atau alat penataan gigi lainnya mungkin diperlukan untuk mengoreksi posisi gigi.

Bagaimana Cara Merapikan Gigi Tonggos / Maju?

Mengenal Gigi Tonggos / Maju, Penyebabnya & Cara Merapikannya - Bagaimana Cara Merapikan Gigi Tonggos / Maju?

Merapikan gigi yang tonggos atau maju biasanya melibatkan perawatan ortodontik. Pilihan perawatan ortodontik dapat bervariasi, tergantung pada tingkat keparahan masalah gigi dan rahang. Berikut adalah beberapa cara umum untuk merapikan gigi yang tonggos atau maju:

1. Operasi rahang atau bedah ortognatik

Operasi rahang atau bedah ortognatik adalah prosedur medis yang dilakukan oleh ahli bedah maksilofasial untuk mengoreksi ketidakseimbangan atau kelainan struktural rahang atas dan bawah. Tujuan dari operasi ini adalah untuk memperbaiki fungsi kunyah, bicara, dan estetika wajah.

2. Menggunakan behel (Braces)

Behel adalah perangkat ortodontik yang digunakan untuk merapikan gigi yang tidak beraturan. Behel bekerja dengan memberikan tekanan pada gigi untuk memindahkannya ke posisi yang benar seiring waktu. Aligner, seperti Invisalign, adalah perangkat transparan yang dapat dilepas dan digunakan untuk mengoreksi posisi gigi tanpa memerlukan kawat tradisional.

3. Veneer gigi

Veneer gigi adalah lapisan tipis porselen atau bahan lain yang ditempatkan di permukaan gigi untuk meningkatkan estetika dan merapikannya. Prosedur ini cocok untuk gigi yang hanya memerlukan perbaikan estetika, seperti penutupan celah atau perubahan warna.

4. Mencabut gigi yang terlihat tonggos 

Mencabut gigi yang terlihat tonggos adalah tindakan pembedahan gigi yang dilakukan oleh seorang dokter gigi atau ahli bedah gigi. Prosedur ini biasanya diperlukan ketika gigi tertentu tidak dapat diatur dengan metode ortodontik atau perlunya menciptakan ruang tambahan di rahang.

5. Invisalign

Invisalign adalah sistem perawatan ortodontik yang menggunakan aligner transparan dan dilepas. Ini memberikan alternatif yang nyaman dan estetis dibandingkan dengan behel gigi biasa. Aligner ini secara bertahap menggeser gigi ke posisi yang diinginkan.

6. Perubahan Gaya Hidup

Gigi yang tidak rata dapat diperbaiki dengan mengubah gaya hidup, termasuk menghindari kebiasaan seperti menggigit pensil, menghisap jempol, menggunakan dot, menggigit kuku, dan mempraktikkan postur yang baik untuk mengurangi tekanan pada gigi dan rahang.

7. Ekstraksi Gigi

Pilihan terakhir mungkin melibatkan ekstraksi gigi, terutama jika ruang yang kurang tersedia untuk merapikan gigi secara alami. Ekstraksi dapat diperlukan sebelum atau selama perawatan ortodontik untuk menciptakan ruang yang cukup bagi gigi untuk diposisikan dengan benar.

Selain perawatan ortodontik, ada juga prosedur bedah maksilofasial yang dapat dipertimbangkan untuk kasus yang lebih kompleks. Meskipun demikian, penting untuk berdiskusi dengan dokter gigi atau ortodontis Anda agar langkah-langkah ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, dan mereka dapat memberikan panduan dalam memilih metode yang paling sesuai.

Dengan pemahaman mendalam mengenai gigi tonggos atau maju, penyebabnya, dan cara merapikannya, diharapkan artikel ini dapat memberikan wawasan yang bermanfaat bagi Anda. 

Merawat kesehatan gigi dan memperbaiki ketidaknormalan pada posisinya tidak hanya berkontribusi pada tampilan fisik yang lebih estetis, tetapi juga mendukung fungsi optimal mulut. Mari kita jaga senyuman sehat dan percayalah bahwa langkah kecil dalam merawat gigi dapat memberikan dampak besar pada kesejahteraan gigi dan mulut kita.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Halo,
Gunakan Chat ini untuk konsultasi dengan kami