dokter gigi antapani - Klinik Gigi Spesialis Bleaching, Gigi Palsu, Tambal Gigi
scaling gigi

Apa itu scaling gigi? Fungsinya, Kapan, Harganya

Post Category

kebersihan gigi dan kesehatan mulut berperan penting dalam menjaga kesejahteraan keseluruhan tubuh. Salah satu aspek kritis dari perawatan gigi yang sering diabaikan adalah prosedur scaling gigi. Namun, seberapa banyak yang kita tahu tentang scaling gigi? Apa sebenarnya yang dimaksud dengan scaling gigi, dan mengapa hal ini menjadi penting dalam menjaga kebersihan gigi dan gusi? disini kita akan membahas apa itu scaling gigi?, fungsinya, kapan scaling gigi & harga perawatannya.

Dengan memahami esensi dari scaling gigi, diharapkan Anda dapat lebih sadar akan pentingnya perawatan ini dalam mewujudkan senyuman sehat dan gigi yang kuat.

Apa itu Scaling Gigi?

Menurut dental health journal, Kesehatan gigi dan jaringan periodontal merupakan hal yang sangat penting pada masa remaja. Permasalahan rongga mulut pada remaja disebabkan karena kebersihan gigi dan mulut yang buruk serta pola makan yang tidak teratur. Peningkatan kesehatan gigi dan mulut pada remaja dapat dilakukan melalui penyuluhan baik secara individu maupun konseling kelompok, adapun yang yang mempunyai masalah karang gigi perlu dilakukan scaling. 

Prosedur scaling gigi merupakan tindakan pembersihan profesional yang dilakukan oleh dokter gigi atau ahli kebersihan gigi guna menghilangkan penumpukan plak dan tartar pada permukaan gigi. Plak adalah lapisan bakteri yang dapat menyebabkan pembentukan tartar, yang merupakan endapan keras yang sulit dihilangkan dengan menyikat gigi biasa. 

Scaling gigi biasanya dilakukan menggunakan instrumen khusus seperti scaler atau ultrasonic scaler untuk membersihkan gigi secara menyeluruh. Proses ini penting untuk mencegah penyakit gigi dan masalah kesehatan gusi, serta menjaga kebersihan gigi secara menyeluruh. Scaling gigi sebaiknya dilakukan secara teratur sebagai bagian dari rutinitas perawatan gigi preventif.

Fungsi Scaling Gigi

scaling gigi

Fungsi dari prosedur scaling gigi sangat penting dalam menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan, fungsi utamanya yaitu membersihkan karang gigi. Dibawah ini kami akan membahas fungsi dari scaling gigi, yuk simak berikut ini.

1. Penghilangan Plak dan Tartar

Salah satu fungsi utama dari scaling gigi adalah menghilangkan plak dan tartar yang menumpuk di sekitar gigi. Plak merupakan lapisan lengket bakteri yang dapat mengakibatkan pembentukan tartar jika tidak diatasi. Scaling membantu membersihkan secara menyeluruh, mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya, dan mengurangi risiko masalah kesehatan gigi dan gusi.

2. Pencegahan Penyakit Gusi

Scaling gigi efektif dalam mencegah penyakit gusi, seperti gingivitis dan periodontitis. Penumpukan plak dan tartar dapat menyebabkan peradangan pada gusi, dan jika tidak diobati, dapat berkembang menjadi masalah yang lebih serius. Dengan membersihkan gigi secara teratur melalui scaling, dokter gigi membantu menjaga kesehatan jaringan gusi dan mencegah perkembangan penyakit gusi.

3. Mengurangi Risiko Infeksi Gigi

Scaling juga berperan dalam mengurangi risiko infeksi gigi. Plak dan tartar yang menumpuk di sekitar gigi dapat menyebabkan peradangan pada pulpa gigi dan menyebabkan infeksi. Dengan menghilangkan plak dan tartar, scaling membantu mencegah masalah ini, menjaga kesehatan gigi, dan mengurangi kemungkinan perlu melakukan perawatan gigi yang lebih invasif.

4. Gigi Lebih Bersih dan Cerah

Selain aspek kesehatan, fungsi estetis juga menjadi perhatian dalam scaling gigi. Scaling dapat membantu menghilangkan noda dan warna yang disebabkan oleh plak dan tartar, memberikan penampilan gigi yang lebih bersih dan cerah. Tidak hanya meningkatkan estetika gigi, tetapi juga memberikan rasa percaya diri Anda dalam berinteraksi sosial.

5. Pencegahan Kerusakan Gigi

Dengan membersihkan gigi secara teratur melalui scaling, dokter gigi membantu mencegah kerusakan gigi akibat plak dan tartar. Ini berperan dalam mempertahankan integritas gigi dan mencegah kehilangan struktur gigi yang dapat terjadi jika plak dan tartar dibiarkan tanpa penanganan.

Dengan demikian, fungsi scaling gigi melibatkan tidak hanya aspek pembersihan dan pencegahan, tetapi juga memberikan dampak positif pada kesehatan gigi secara menyeluruh dan penampilan estetis. Proses ini menjadi bagian penting dari perawatan gigi preventif yang dapat memberikan manfaat jangka panjang untuk keberlanjutan kesehatan mulut.

Kapan Scaling Gigi Diperlukan?

kapan sebaiknya scaling gigi di perlukan adalah pertimbangan penting bagi banyak individu yang peduli dengan kesehatan mulut Anda. Umumnya, dokter gigi merekomendasikan scaling gigi setidaknya dua kali setahun sebagai bagian dari perawatan gigi rutin. Namun, ada beberapa faktor tambahan yang dapat menjadi petunjuk bahwa seseorang memerlukan scaling gigi lebih sering.

Pertama, individu yang memiliki kecenderungan untuk membentuk plak dan tartar dengan cepat mungkin perlu menjalani scaling lebih sering. Hal Ini sering terjadi pada Anda yang tidak rajin menyikat gigi dan menggunakan benang dental secara tidak teratur, tetapi juga pada Anda yang memiliki faktor risiko tambahan seperti merokok atau konsumsi makanan tinggi gula.

Selanjutnya, tanda-tanda kesehatan gusi yang tidak baik, seperti pembengkakan, kemerahan, atau pendarahan saat menyikat gigi, dapat menjadi indikator bahwa scaling gigi diperlukan. Ini menunjukkan adanya peradangan pada gusi, yang dapat diperburuk oleh penumpukan plak dan tartar.

Orang-orang dengan riwayat penyakit gusi atau yang pernah mengalami masalah gigi tertentu mungkin juga perlu menjalani scaling gigi lebih sering. Penjadwalan yang lebih sering ini membantu mencegah kemungkinan masalah kesehatan gigi yang lebih serius di masa depan.

Harga Scaling Gigi

Harga scaling gigi dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, seperti lokasi praktek dokter gigi, tingkat kompleksitas kasus, dan pilihan fasilitas. Secara umum, biaya scaling gigi di sektor swasta dapat berkisar antara Rp. 150.000 – Rp .600.000. Namun, bagi Anda yang memiliki keanggotaan BPJS Kesehatan, prosedur ini mungkin menjadi lebih terjangkau. 

Dengan menggunakan BPJS Kesehatan, biaya scaling gigi dapat diakses dengan biaya yang lebih ringan atau bahkan tanpa biaya tambahan, tergantung pada ketentuan yang berlaku dan fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki keanggotaan BPJS Kesehatan, scaling gigi dapat menjadi pilihan yang lebih terjangkau untuk menjaga kesehatan gigi secara rutin. 

Penting untuk selalu memeriksa ketentuan dan kebijakan terbaru yang berlaku di fasilitas kesehatan yang dipilih serta memastikan bahwa layanan tersebut tercakup oleh BPJS Kesehatan.

Dengan memahami pentingnya scaling gigi, diharapkan Anda lebih tahu betapa pentingnya perawatan ini, membantu menjaga senyuman yang sehat dan gigi yang kuat. Scaling gigi bukan sekadar prosedur rutin, tetapi tindakan pencegahan yang bisa memberikan manfaat jangka panjang untuk kesehatan gigi secara keseluruhan.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Halo,
Gunakan Chat ini untuk konsultasi dengan kami