dokter gigi antapani - Klinik Gigi Spesialis Bleaching, Gigi Palsu, Tambal Gigi
dokter gigi antapani - Pentingnya Rutin Periksa Gigi Ke Dokter Gigi

Pentingnya Rutin Periksa Gigi Ke Dokter Gigi

Post Category

Kesehatan gigi mesti dijaga sejak dini dengan baik. Sebab dengan menjaga kesehatan gigi sejak dini, kondisi gigi akan tetap awet dan sehat di usia muda hingga tua. Dengan begitu tingkat keproduktifan dalam beraktivitas akan meningkat. Jika kondisi gigi sudah rusak dan sakit di usia muda, itu akan mengganggu kelancaran beraktivitas.

Untuk menjaga kesehatan gigi selain menggosok gigi, Anda juga perlu rutin periksa gigi ke dokter gigi. Anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia sangat penting untuk memeriksakan giginya ke dokter gigi. Lalu seberapa pentingkah memeriksakan gigi ke dokter gigi ini?

Kenapa Rutin Periksa Gigi Itu Penting?

Memeriksakan gigi ke dokter gigi dapat membantu merawat kesehatan gigi dengan mengetahui kondisi gigi kita. Misalnya gigi dalam kondisi sehat atau timbul lubang dan sebagainya. Gigi yang berlubang tidak bisa ditangani sendiri, memerlukan keahlian dokter untuk segera menanganinya secara profesional. Jika gigi yang berlubang tersebut dibiarkan, kemungkinan rasa sakit dan efek yang timbul akan semakin besar. Gigi yang berlubang dapat mengganggu aktivitas keseharian Anda. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksakan kondisi gigi Anda ke dokter gigi.

Dokter gigi akan melihat tanda-tanda pada gigi Anda dan jika terdapat masalah, dokter akan segera menanganinya dengan tepat. Dengan begitu gigi Anda dapat terjaga kesehatannya. Semakin cepat masalah gigi terdeteksi, semakin kecil risiko penyakit dan biaya yang dikeluarkan.

Lalu Kapan Saya Harus Periksa Gigi?

Idealnya, Anda mesti rutin periksa gigi setiap 6 bulan sekali. Apabila dalam kurun waktu tertentu gigi Anda mengalami keluhan sakit, segeralah untuk berkonsultasi ke dokter gigi. Sementara orang tertentu seperti yang memiliki gangguan penyakit tertentu, perlu untuk memeriksa giginya ke dokter setiap 3 bulan sekali.

Untuk anak-anak, pemeriksaan gigi idealnya juga dilakukan setiap 6 bulan sekali. Pemeriksaan gigi pada anak dapat dilakukan sejak mulai tumbuh gigi susu pertamanya. Untuk membiasakan anak agar mengenal dokter gigi dan perawatannya, Anda dapat membawanya ke dokter gigi meskipun tidak ada keluhan. Dengan begitu nantinya anak tidak akan takut ketika membutuhkan prosedur gigi di kemudian hari.

Prosedur Periksa Gigi

Sebelum Anda memeriksakan gigi, Anda boleh menyikat gigi dulu atau tidak juga tidak mengapa. Karena nantinya dokter jugalah yang akan membersihkan gigi Anda. Hal yang perlu Anda lakukan adalah tenang dan rileks, kemudian ketika dokter menanyakan kondisi gigi Anda, jawablah dengan jujur. Jika gigi Anda mengalami keluhan, sebisa mungkin ceritakan secara detail sejak kapan keluhan terjadi, seberapa besar rasa sakitnya dan lain sebagainya.

Saat dokter mulai memeriksa gigi Anda, dokter akan melihat kondisi dan tanda-tanda yang muncul pada gigi Anda. Apakah ada gigi yang berlubang, gigi retak, gigi miring, timbul karang gigi, timbul plak, dan lain sebagainya. Karang gigi yang ada pada gigi mesti dibersihkan karena jika dibiarkan dapat mengakibatkan infeksi pada mulut. Dokter gigi juga memeriksa apakah gigi Anda memiliki tanda-tanda akan berlubang atau tidak.

Kemudian dokter gigi memeriksa apakah ada gigi yang tumbuh ditempat yang salah atau juga bisa disebut gigi bungsu. Dalam hal ini, dokter gigi biasanya menyarankan untuk melakukan rontgen gigi untuk mengetahui secara spesifik struktur pada gigi Anda. Jika ditemukan gigi bungsu, dokter bisa segera menanganinya dengan tepat.

Selain memeriksa gigi, dokter gigi biasanya juga memeriksa bagian mulut lain yang bisa mempengaruhi kesehatan gigi seperti gusi dan langit-langit. Jika terdapat gusi berdarah, gusi rusak, gusi bengkak, dokter akan segera menanganinya.

Terakhir, dokter gigi akan menanyakan kegiatan keseharian Anda, seperti berapa kali menyikat gigi, bagaimana Anda menyikat gigi, seperti apa pola makan Anda, dan kebiasaan buruk lainnya yang bisa merusak gigi. Setelah itu dokter akan mengarahkan Anda dengan memberikan penjelasan mengenai merawat kesehatan gigi yang benar supaya Anda dapat merawat gigi agar gigi sehat.

Rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi menjadi bentuk kepedulian Anda terhadap kesehatan gigi Anda. Dengan memeriksakan gigi , Anda dapat mencegah kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi pada gigi Anda. Dengan begitu gigi terjaga kesehatan dan keefektifannya. Segeralah menemui dokter gigi jika terdapat keluhan pada gigi Anda.

Pilih Dokter Gigi yang Bagus

Umumnya semua dokter gigi sama yakni memiliki kriteria yang baik karena sudah terstandarisasi. Pilihlah dokter yang memiliki pelayanan yang baik dan nyaman ketika diajak berkonsultasi dengan Anda. Dan mau mengarahkan dan memberitahu edukasi mengenai masalah kesehatan gigi Anda. Contohnya seperti dokter gigi antapani. Anda dapat berkonsultasi online gratis bersama dokter gigi antapani yang telah berpengalaman dan bersertifikat. Reservasi yang mudah serta tempat yang nyaman dan bersih bisa Anda jadikan pilihan ketika memeriksakan gigi Anda.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Halo,
Gunakan Chat ini untuk konsultasi dengan kami