dokter gigi antapani - Klinik Gigi Spesialis Bleaching, Gigi Palsu, Tambal Gigi

Penyebab Gigi Kuning Dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Post Category

Gigi kuning merupakan masalah umum yang sering dihadapi oleh semua orang diseluruh dunia. Gigi yang kuning dapat mengganggu keindahan senyuman atau bahkan kepercayaan diri seseorang. Gigi yang kuning dapat menjadi pertanda bahwa Anda memiliki perawatan gigi yang kurang maksimal.

Penampilan gigi yang putih dan bersih sering kali dianggap sebagai tanda kebersihan dan kesehatan, sehingga memiliki gigi kuning dapat menjadi sumber kekhawatiran bagi seluruh orang.

Faktor Penyebab Gigi Kuning

Faktor Penyebab Gigi Kuning

Penyebab gigi kuning disebabkan oleh beberapa faktor, berikut ini akan diulas faktor penyebab gigi menjadi kuning

1. Tidak Rutin Menyikat Gigi

Tidak rutin menyikat gigi menjadi salah satu penyebab gigi menjadi kuning, ketika Anda tidak menyikat gigi secara teratur plak atau lapisan yang terbentuk dari kuman dan bakteri sisa makanan akan menumpuk pada gigi, plak ini kemudian akan menjadi karang gigi yang menjadikan gigi terlihat kotor dan kuning.

Selain itu juga jika Anda tidak menyikat gigi dengan benar, kemungkinan plak dan karang gigi akan terbentuk dengan cepat, selain menyebabkan gigi menjadi kuning, tidak rutin menyikat gigi juga dapat menyebabkan peradangan pada gusi dan penyakit periodontal yang dapat mengubah warna gigi.

2. Merokok

Kebiasaan merokok atau menggunakan produk yang mengandung tembakau dapat menjadikan gigi Anda menjadi kuning. Zat – zat yang terkandung dalam rokok dan produk tembakau seperti nikotin dan tar dapat menjadikan gigi Anda menjadi kuning. Nikotin memiliki sifat yang sangat mudah menempel pada gigi, zat ini akan berubah menjadi zat cairan yang akan menempel pada gigi.

Selain nikotin kandungan tar pada rokok juga dapat menjadikan gigi Anda menjadi kuning, pasalnya tar mengandung senyawa kimia yang lengket dan berminyak. Tar dapat menempel pada permukaan gigi dan mengakumulasi seiring waktu. Seiring berjalannya waktu, lapisan tar pada gigi dapat menjadi kuning atau cokelat, memberikan warna yang tidak diinginkan pada gigi.

3. Meminum Minuman yang Bersoda

Minuman bersoda umumnya mengandung asam, seperti asam fosfat atau asam sitrat. Asam ini dapat mengikis lapisan luar gigi yang disebut enamel. Ketika enamel mengalami pengikisan, lapisan dibawahnya yang lebih kuning, yaitu dentin, dapat menjadi lebih terlihat, menyebabkan gigi tampak lebih kuning.

Beberapa minuman bersoda mengandung pewarna buatan yang dapat menempel pada permukaan gigi. Pewarna ini dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi. Gigi yang terpapar secara terus-menerus oleh pewarna buatan dapat mengalami perubahan warna menjadi kuning atau kecoklatan.

4. Penuaan

Penuaan menjadi salah satu faktor penyebab gigi menjadi kuning semakin bertambahnya usia lapisan enamel dan produksi air liur semakin sedikit, selain itu dentin pada gigi juga akan mengalami perubahan struktur. Dentin adalah lapisan di bawah enamel yang berwarna kuning dan lebih lembut daripada enamel. Seiring bertambahnya usia, dentin dapat mengalami perubahan struktur, termasuk peningkatan jumlah dan ukuran saluran mikroskopis yang disebut dengan nama tubulus dentin. Tubulus dentin bisa menyebabkan cahaya yang masuk ke gigi lebih banyak terserap dan menyebabkan gigi terlihat lebih kuning.

Namun perlu diketahui meskipun penuaan dapat menyebabkan gigi lama kelamaan akan menguning, tetapi tidak semua orang akan mengalami perubahan warna gigi ketika sudah lanjut usia. Faktor genetik dan perawatan gigi yang baik juga mempengaruhi kecerahan gigi seiring bertambahnya usia.

5. Makanan dan Minuman Berpigmen

Beberapa makanan dan minuman mengandung pigmen alami, seperti kopi, teh, anggur merah, coklat, blueberry, atau stroberi. Pigmen-pigmen ini dapat menempel pada enamel gigi dan membuat warna gigi berubah menjadi kuning atau kecoklatan. Gigi memiliki sifat menyerap yang dapat menyebabkan pigmen dari makanan atau minuman menempel pada gigi, gigi yang memiliki enamel yang aus atau rusak lebih rentan terhadap penyerapan pigmen dan perubahan warna gigi.

Cara Mengatasi Noda Kuning Pada Gigi

Cara mengatasi Noda Kuning Pada Gigi

Apakah gigi kuning dapat diatasi? Bisa, gigi yang kuning dapat Anda atasi dengan mudah. Ada beberapa cara yang dapat diambil untuk dapat mengatasi gigi kuning, yaitu :

1. Sikat Gigi Dengan Rutin

Dengan melakukan cara ini secara teratur menggunakan pasta gigi yang memiliki kandungan bahan pemutih, akan sangat baik guna menjaga kebersihan gigi sekaligus dapat mengatasi gigi kuning. Sikat gigi setidaknya 2 sampai 3 kali sehari. Pilihlah pasta gigi yang dibuat dengan bahan pemutih, karena bahan-bahan tersebut akan membuat noda hilang dan akan memutihkan gigi secara bertahap.

Selain menyikat gigi secara rutin, Anda juga perlu memahami teknik yang tepat dalam menyikat gigi. Walaupun Anda melakukannya secara rutin, namun hal itu tidak akan cukup karena tidak dapat membersihkan sela-sela gigi dengan tepat. Maka dari itu, Anda juga harus mengetahui gimana sih cara menyikat gigi yang benar itu.

2. Menggunakan Bahan Alami

Cara ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan material alami yang terdapat di dalam rumah Anda untuk membantu menghilangkan gigi kuning. Ada beberapa material alami yang mudah ditemukan, yaitu :

 

  • Baking Soda, Beberapa penelitian menjelaskan bahwa produk pasta gigi yang memiliki kandungan baking soda akan lebih manjur dalam membantu membersihkan gigi dari noda kuning. Baking Soda memiliki kandungan abrasif yang ringan sehingga dapat membantu menghilangkan noda kuning yang ada pada gigi. 
  • Minyak Kelapa, Minyak kelapa dapat membantu mengurangi pembentukan plak dan menjaga kebersihan gigi. Metode penggunaan minyak kelapa untuk menjaga kebersihan gigi dikenal dengan metode oil pulling.

Selain bahan-bahan alami diatas, masih ada berbagai bahan alami lagi yang dapat membantu menghilangkan noda kuning pada gigi.

3. Menggunakan Laser

Selain cara-cara diatas, ada juga cara lain yang dapat menghilangkan noda kuning pada gigi, caranya yaitu dengan menggunakan laser. Metode ini dikenal sebagai laser teeth whitening. Jika Anda menggunakan metode ini untuk memutihkan gigi Anda, maka biaya yang Anda keluarkan akan lebih tinggi, karena metode ini akan lebih cepat dari pada penggunaan pemutih gigi.

Proses pemutihan gigi menggunakan laser ini biasanya akan dilakukan dibawah pengawasan dokter gigi yang terlatih. Sebelum Anda memilih untuk menjalani pemutihan gigi dengan laser, disarankan untuk terlebih dahulu menghubungi dokter gigi guna memperoleh informasi yang lebih jelas dan menentukan apakah metode ini akan sesuai untuk Anda atau tidak.

4. Menggunakan Produk Pemutih Gigi

Untuk dapat mengatasi gigi yang kuning, Anda juga dapat menggunakan produk pemutih gigi yang buat khusus agar dapat membantu menghilangkan noda kuning pada gigi. Produk pemutih gigi ini biasanya mengandung bahan-bahan pemutih yang akan bekerja untuk menghilangkan noda dan mencerahkan gigi.

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan produk pemutih gigi, disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter gigi terlebih dahulu.

5. Melakukan Perawatan pada Dokter Gigi

Cara yang paling efektif dalam menjaga kebersihan dan kesehatan gigi yang baik adalah dengan cara melakukan perawatan langsung ke dokter gigi. Jika cara ini dilakukan secara teratur, akan membantu Anda dalam pencegahan dan deteksi dini masalah gigi. Selama perawatan ini, Anda akan menjalani pembersihan gigi yang mendalam untuk menghilangkan noda kuning pada gigi Anda.

Selain memberikan perawatan langsung, dokter gigi juga akan memberikan konseling dan edukasi mengenai perawatan gigi yang baik dan benar. Mereka akan memberikan informasi mengenai teknik pembersihan gigi yang benar, pemilihan produk perawatan gigi yang tepat, dan cara umum untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda.

Beberapa faktor penyebab gigi kuning meliputi kekurangan perawatan gigi, merokok, minum minuman bersoda, penuaan, dan konsumsi makanan/minuman berpigmen. Untuk mengatasi noda kuning pada gigi, Anda dapat melakukannya dengan rajin menyikat gigi, menggunakan bahan alami seperti baking soda dan minyak kelapa, menggunakan laser teeth whitening, menggunakan produk pemutih gigi, dan melakukan perawatan gigi secara teratur oleh dokter gigi.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Halo,
Gunakan Chat ini untuk konsultasi dengan kami